Submit Sitemap.xml Blog ke Google Webmaster Tools

Cara Mendaftarkan atau  Submit Sitemap.xml Blogger ke Google Webmaster Tools atau Blogspot akan menjadi ulasan Joe kali ini. Dengan melakukan add sitemap.xml ini maka sobat bisa melihat apakah blog telah terindeks oleh mesin pencari Google.

Berbeda dengan Halaman Sitemap atau biasa juga kita sebut dengan Daftar Isi yang berbentuk atau menggunakan format HTML, untuk mesin pencari untuk membaca pada saat melakukan Craw pada sebuah blog makan yang akan menjadi acuan adalah sitemap dengan bentuk atau format xml.

Untuk menambahkan atau  Submit Sitemap.xml ke Google Webmaster Tools terlebih dahulu sobat membuat akun dengan menggunakan email yang dibuat pada gmail.com , setelah mendaftar maka lakukan terlebih dahulu langkah atau step add a site atau menambahkan blog dan setelah melakukan Verifikasi maka baru bisa menambahkan sitemap.xml.

Untuk mengetahui caranya silahkan terlebih dahulu sobat baca artikel yang telah ditulis sebelumnya yaitu » Membuat Akun Google Webmaster Tools. Baiklah, Joe akan langsung saja pada langkah-langkah yang harus sobat lakukan.
  1. Setelah Log in, maka sobat klik (pilih) terlebih dahulu blog yang akan ditambahkan sitemap.xml.
  2. Setelah itu klik Menu » Optimization » Sitemaps. Setelah muncul Box di sebelah kanan atas layar komputer maka masukkan texs " sitemap.xml " setelah nama / domain blog.
  3. Sebaiknya lakukan terlebih dahulu pengujian atau Test untuk melihat apakah ada terjadi error, apabila tidak maka sobat ulangi lagi dengan proses Add sitemap.xml. Silahkan sobat lihat pada 3 buah screenshot dibawah:

Submit Sitemap.xml Blog ke Google Webmaster Tools
Test Sitemap.xml

Submit Sitemap.xml Blog ke Google Webmaster Tools
View Test Result

Submit Sitemap.xml Blog ke Google Webmaster Tools
No errors found

Bila proses dilakukan dengan benar maka semuanya akan sesuai dengan yang telah diulas diatas, seperti yang terlihat pada gambar "no erorrs found" terlihat ada 11 url yang telah terdaftar sesuai dengan jumlah yang ada pada blog Buronan Google disaat melakukan Submit Sitemap.xml ke Google Webmaster Tools.

Sekarang sobat tinggal mengulagi step atau langkah seperti diatas, namun tidak lagi dengan meng-klik pada tombol » Test akan tetapi » Submit Sitemap. Setelah proses selesai maka akan terlihat pada list bahwa sitemap.xml blog sobat telah terdaftar atau "Submitted" , akan tetapi pada "Indexed" masih berupa laporan atau tulisan "Pending". Tunggu beberapa hari maka proses Indeks akan berhasil, bagaimana bentuk Sitemap Buronan Google yang berformat xml ? Silahkan sobat lihat dengan meng-klik link di bawah..


Tidak hanya itu, sobat juga bisa Mendaftarkan Feed Blogspot yang menggunakan Type Atom. Proses atau langkah-langkah yang dilakukan sama begitu juga dengan proses indeks yang akan dilakukan oleh google akan butuh waktu. Silahkan sobat copy script dibawah dan masukkan pada form » Add/Test Sitemap blog yang akan diproses dan klik » Submit Sitemap.

Script feed.
feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Script Atom.
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Selamat mencoba, bila terjadi error ada kemungkinan sobat salah dalam memahami artikel diatas hingga step atau langkah yang dilakukan tidak sesuai dengan petunjuk. Baca kembali artikelnya dengan baik dan pahami sebelum kembali mengulangi cara submit sitemap.xml blogspot ke google webmaster tools.. Good Luck..