Google Akuisisi WhatsApp Benarkah ?

Keinginan Google akan Akuisisi WhatsApp seharga USD 1 Milyar beberapa minggu terakhir ini sangat banyak diberitakan oleh berbagai macam media. Joe sendiri sempat mengikuti perkembangan isu ini dalam beberapa hari terkahir, namun saat ini permasalahan semakin jelas setelah pihak WhatsApp menyatakan dengan gamblang bahwa tidak ada pembicaraan yang Intens dengan Google.

Google Akuisisi WhattsApp Seharg USD 1 Milyar
Seperti yang kita semua ketahui, 3 akuisisi besar yang telah dilakukan oleh Google sebelumnya yang bernilai di atas USD 1 Milyar yaitu Motorola, DoubleClick dan Youtube. Secara tegas, WhatsApp perusahaan yang berbasis di Santa Clara ini menegaskan tak tertarik dengan niatan akuisisi raksasa internet itu.

Kabar yang mengatakan bahwa WhatsApp Messenger telah dipakai di lebih dari 100 negara dan oleh 750 jaringan operator. Penggunaan layanan ini juga telah mencetak rekor tertinggi pada penghujung tahun 2012 lalu yaitu 18 miliar pesan dalam satu hari, dan tentunya Google melihat peluang atau prospek yang sangat apik dimasa yang akan datang pada layanan pesan lintas platform ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Nikhyl Singhal (Google Product Manager) keinginan Google akan Akuisisi WhatsApp dikarenakan Google ketinggalan dalam layanan pesan lintas platform. "Kami telah melakukan pekerjaan yang sangat minim untuk melayani pelanggan. Layanan pesan adalah lubang besar dalam strategi mobile Google," kata Singhal.

Namun segalanya mungkin saja terjadi, apakah nantinya Google berhasil melakukan Akuisisi WhatsApp atau tidak belum bisa kita pastikan saat ini. Mungkin apabila Google berkeinginan kuat untuk mendapatkannya, bisa saja harga penawaran yang diberikan ditambah sehingga pihak WhatsApp tidak bisa lagi untuk menolak tawaran dari Raksasa Perusahaan Internet ini. Kita tunggu saja :)